17 Maret 2018

Download PUBG Mobile untuk Android: Sudah Bisa Bahasa Inggris Sob

Ditulis oleh pada 17.3.18
Apa itu PUBG? PlayerUnknown's Battlegrounds atau PUBG adalah game online multiplayer (Windows, Xbox) yang dikembangkan oleh PUBG Corporation (anak perusahaan dari Bluehole). Permainan dimulai saat 100 pemain terjun payung ke sebuah pulau, mencari senjata, perbekalan, dan kendaraan lalu berusaha bertahan dari serangan pemain lain.

Download PUBG Mobile untuk Android

Menariknya, area permainan akan menyempit seiring berjalannya waktu, memaksa para pemain untuk terus bergerak ke area aman yang telah ditentukan di peta (pemain yang berada di luar area aman akan mengalami penurunan HP secara perlahan tapi pasti).

Di area yang semakin menyempit tersebut, pemain akan lebih sering bertemu satu sama lain sehingga pertempuran pun tak lagi terelakkan. Pemain terakhir atau tim yang bertahan akan memenangkan permainan.


Tidak salah lagi sob, gameplay PUBG memang terinspirasi dari novel (dan film) The Hunger Games dan juga film Battle Royale, dengan beberapa penyesuaian tentunya (untuk menghindari masalah hak cipta).

Cara main pubg Android

Kenapa permainan ini begitu terkenal dan diminati? Selain karena model permainnya yang unik, PUBG dipasarkan dengan cara yang tak biasa, yaitu dengan membagikannya secara cuma-cuma kepada para streamer game di Twitch dan YouTube (yang memiliki banyak sekali pengikut). Nah, para streamer tersebut ternyata sangat menyukai PUBG sob, sehingga akhirnya mempengaruhi para penonton atau subscriber mereka untuk turut memainkan game tersebut.

Singkat kata nama PUBG makin melambung di kalangan para gamer Windows maupun Xbox. Banyak developer game yang ikut-ikutan membuat permainan dengan mekanisme yang serupa, bahkan kini sampai juga di platform mobile macam Android dan iOS. Sebut saja Rules of Survival, Free Fire, Fortcraft, Fornite, dan tentu saja PUBG sendiri sob.


Iya, belum lama ini PUBG Corporation bekerja sama dengan Tencent Games (Lightspeed & Quantum Studio) telah merilis PUBG Mobile di Google Play Store, namun khusus wilayah Kanada saja (softlauch). Versi singkat dari PUBG tersebut dinilai cukup mewakili game PUBG versi Windows maupun Xbox, sehingga menarik perhatian banyak pengguna Android dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk mencoba memainkannya.


Bagaimana bisa, kan belum dirilis? Banyak jalan menuju Roma sob. Seiring perilisannya di Play Store, APK dari PUBG Mobile tentu sudah ramai tersebar di dunia maya (lengkap dengan file OBB nya). Bahkan sebelum itu, PUBG Mobile versi Tiongkok (iya, dengan bahasa dan aksara Tiongkok tentunya), sudah dicoba dimainkan secara "paksa" oleh para pengguna Android diluar negara tirai bambu tersebut.

PUBG Android bahasa Inggris

Nah, sekarang kita tak perlu repot dengan masalah bahasa dan aksara sob. Soalnya PUBG versi Play Store sudah menggunakan bahasa Inggris (update versi 0.3.3 bahkan sudah mendukung bahasa Indonesia), yang notabene relatif lebih mudah dipahami oleh para gamer di Nusantara. Bagaimana cara download PUBG dari Play Store?

UPDATE 20/03/2018: PUBG Mobile versi beta sekarang sudah bisa diunduh langsung lewat Play Store dari seluruh dunia (global), termasuk Indonesia sob. Itu berarti kita tidak perlu pakai VPN lagi.

Perlu diperhatikan bahwa PUBG Mobile saat ini hanya bisa dimainkan di ponsel Android 4.3 Jelly Bean ke atas dengan RAM minimal 2Gb. Bila Anda masih tidak bisa mendownload PUBG Mobile dari Play Store, silakan coba cara di bawah ini.

Cara Download dan Install PUBG Mobile Android Bahasa Inggris


Karena masih berstatus beta testing di Kanada, mau tak mau kita yang berada di luar Kanada harus menggunakan VPN bila ingin mengunduh PUBG Mobile Android secara langsung dari Play Store. Alternatifnya, Anda bisa mengunduh PUBG APK dan data OBB melalui link di bawah ini:

---------

UPDATE 29/03/2018: PUBG Mobile bahasa Indonesia kini sudah tersedia mulai versi 0.3.3.

---------

Download:
  1. PUBG Mobile 0.3.2 Android APK (31Mb) | OBB
  2. PUBG Mobile 0.3.3 Android APK (36Mb) | OBB
  3. PUBG Mobile 0.4.0 Android APK (32MB) | OBB (687MB) - Terbaru 17/04/2018 

Cara pasang:
  1. Setelah berhasil diunduh, pasang APK seperti biasa, dan jangan menjalankan game sebelum langkah ke-2 beres.
  2. Ekstrak file OBB dari file zip yang sudah diunduh dan pindahkan isinya ke folder /Android/obb/com.tencent.ig.
  3. Kemudian jalankan gamenya.

Bila cara-cara di atas dirasa ribet bin kurang praktis, silakan pasang aplikasi APKPure untuk mengunduh langsung game PUBG dalam format XAPK (APK + data OBB: bisa langsung dipasang tanpa ekstrak file dan pindah folder). Selamat mencoba 😊


_______________

NB: Oiya, Game PUBG Mobile buatan Tencent Games (Lightspeed & Quantum Studio) ini punya judul asli PUBG: Exhilarating Battlefield. Di samping itu, Tencent juga mendaulat Timi Studio untuk menggarap game berjudul PUBG: Army Attack. Kedua game tersebut adalah game PUBG yang sudah mendapat lisensi resmi dari PUBG Corporation. Apa bedanya? Tunggu update selanjutnya sob 😉

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×