24 Maret 2018

Cara Menambahkan Jam dan Lokasi di Status WhatsApp

Ditulis oleh pada 24.3.18

Berbagi foto di status WhatsApp itu sudah biasa sob. Tambah sticker, emoji, teks, corat-coret juga sudah lazim dilakukan. Kendati demikian, tidak semua pengguna WA tahu cara menambahkan sticker di status, baik itu sticker emoji, tanda panah, garis, lingkaran, kotak, dan juga jam.

Cara Menambahkan Jam di Status Foto atau Video WhatsApp

Jam? Benar, sudah cukup lama sebenarnya WhatsApp menghadirkan sticker jam yang bisa digunakan untuk menghiasi foto atau video yang hendak dibagikan di chat maupun status. Berbeda dengan sticker biasa yang sifatnya statis, sticker jam di WA akan berubah mengikuti waktu saat kita membuat status, dan tentu saja akan berhenti setelah status tersebut dikirimkan.

Baca juga: WhatsApp UWP, Ringan dan Cepat di PC atau Laptop

Lalu bagaimana cara menambahkan jam di status foto atau video WhatsApp? Mudah banget sob. Caranya sama saja dengan cara membubuhkan sticker di WA yang sudah pernah kita bahas sekitar dua tahun yang lalu. Sebagai pengingat, silakan ikuti langkah mudah berikut.

Pasang Jam di Status Foto atau Video WhatsApp

  1. Masuk ke tab Status WhatsApp, tekan ikon kamera di pojok kiri bawah layar, ambil foto (atau video) melalui kamera atau dari galeri. Setelah itu pilih ikon smile di atas layar.
    Kumpulan sticker WhatsApp
  2. Nah, di sana kita bisa melihat kumpulan sticker yang bisa digunakan untuk mengisi hatimu yang kosong status foto atau video WhatsApp, termasuk sticker jam.
  3. Saat artikel ini diketik, ada dua macam sticker jam yang bisa dipilih, yaitu analog dan digital. Ketuk saja sticker yang diinginkan untuk memasangnya.
    Pasang jam analog dan digital di foto WA
  4. Masing-masing sticker jam tersebut memiliki dua macam warna sob, gelap dan terang, pencet saja biar ganti warnanya, kemudian tinggal dipilih mana yang sekiranya cocok dengan warna foto/video status WhatsApp kita.
  5. Selain di status, kita juga bisa memasang sticker jam tersebut pada foto/video yang akan dikirim ke kontak maupun grup WhatsApp.

Bila di Instagram Stories kita bisa menambahkan jam, lokasi, serta suhu (cuaca) langsung dari fitur sticker, di status WhatsApp kita cuma bisa memasukkan jam sob, setidaknya untuk saat ini. Ke depannya bukan tidak mungkin WhatsApp akan mengadaptasi sticker lokasi maupun cuaca dari Instagram, mengingat kedua aplikasi tersebut sama-sama berada di bawah naungan Facebook. Kita tunggu saja sob. Selamat mencoba 😊

UPDATE 21/04/2018: Mulai WhatsApp beta versi 2.18.120, terdapat pilihan baru untuk membubuhkan sticker lokasi di foto dan video yang akan kita bagikan di status maupun chat WA. Cek ulasan berikut untuk mencobanya sekarang juga.

Tambah Lokasi di Status Foto atau Video WhatsApp

  1. Update aplikasi WA Anda ke versi paling baru (minimal versi 2.18.120 beta). Hidupkan GPS dan izinkan WhatsApp untuk mengakses lokasi Anda (bila diminta).
  2. Masuk ke tab Status WhatsApp, tekan ikon kamera di pojok kiri bawah layar, ambil foto (atau video) melalui kamera atau dari galeri. Kemudian pilih ikon smile di atas layar.
  3. Pilih Lokasi (Location) yang muncul di antara kumpulan sticker. Tentukan lokasi Anda, bisa melalui peta, list, atau pencarian.
    Sticker lokasi WA
  4. Sama seperti jam, saat ini sticker lokasi di WA juga mempunyai dua pilihan warna, gelap dan terang, yang bisa diganti dengan cara mengetuknya.
    Tambah lokasi status WA

Terus kapan kita bisa menambahkan sticker suhu di status WhatsApp? Kita tunggu saja update selanjutnya sob 😊

Tambah Sticker Cuaca dan Temperatur di Status WhatsApp

UPDATE 24/09/2021: Sampai update ini diketik, WhatsApp belum juga dilengkapi dengan sticker suhu/cuaca. Meski demikian, kita bisa memanfaatkan sticker suhu/cuaca di Instagram untuk kemudian dikirim ke status WA.

Caranya sederhana saja, sob. Langsung buat story IG seperti biasanya, pastikan GPS ponsel sudah dinyalakan. Ambil foto lalu bubuhi dengan sticker suhu atau cuaca Instagram, lalu pilih tombol panah ke bawah untuk menyimpan foto tersebut ke gallery ponsel (cek screenshot).

sticker cuaca di status WA

Nah, setelah itu kita bisa membagikan foto yang telah dibubuhi sticker suhu atau cuaca tersebut ke status WA. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×