15 Maret 2018

Cara Mengaktifkan Dark Mode YouTube Android Sekarang Juga

Ditulis oleh pada 15.3.18
Bagi yang suka nonton video di YouTube malam-malam menjelang tidur, menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel sampai mentok kiri mungkin sudah lumrah dilakukan. Iya, selain untuk menjaga kesehatan mata, tidaklah nyaman memandang silaunya layar saat berada di ruangan yang gelap.

Dark Mode YouTube Android

Agar lebih praktis, belum lama ini YouTube secara resmi mengumumkan hadirnya tema gelap (dark theme) pada aplikasi iOS dan Androidnya. Per hari ini (atau kemarin?), pengguna aplikasi YouTube untuk iOS sudah bisa menikmati tema atau modus gelap tersebut. Lalu Android? Tidak lama lagi sob.

Ya mungkin beberapa minggu sampai sebulan ke depan, fitur dark mode pada aplikasi YouTube Android akan dirilis secara bertahap. Untuk mengecek ketersediaan fitur tersebut, silakan update aplikasi YouTube Android Anda secara berkala melalui Play Store, kemudian jalankan dan ketuk foto profil Anda (kanan atas layar) - Setelan (Settings) - Dark theme (Tema gelap).

Dark theme

Bila tidak ada pilihan Dark theme atau Tema gelap di aplikasi YouTube Anda, harap bersabar, ini ujian hanya sementara, nanti juga bakalan ada sob, tunggu saja update selanjutnya 😀. Kalau sudah tak sabar, silakan lanjut baca paragraf selanjutnya.


Cara Mengaktifkan Tema Gelap YouTube Android


Cara mengaktifkan dark mode YouTube Android di bawah ini khusus untuk ponsel yang sudah memiliki akses ROOT. Kenapa begitu? Karena belum resmi dirilis, kita wajib memodifikasi preferensi aplikasi YouTube secara manual untuk mengaktifkan tema gelap. Caranya sangat mudah sob.

  1. Pertama pasang dulu aplikasi Preferences Manager. Bisa diunduh gratis dari Play Store.

  2. Jalankan lalu izinkan Preferences Manager mengakses root, dan cari "youtube".

  3. Di tab youtube.xml, lakukan pencarian dengan kata kunci "dark".

    Preferences Manager

  4. Ubah kedua value tersebut dari false menjadi true.

  5. Bila value pada langkah 3 tidak ditemukan, tambahkan secara manual dengan menekan tanda plus - pilih Boolean - ketik theme_dark_app - pilih Add.

    theme_dark_app

  6. Ulangi langkah sebelumnya dengan mengetik theme_dark_watch_panel.

  7. Tutup aplikasi Preferences Manager dan buka aplikasi YouTube.

  8. Nah, gelap kan? Tidak hitam sob, tetapi gelap, karena Hitam tak selalu Gelap 😎

    Youtube modus gelap

  9. Bila Anda berubah pikiran, ulangi langkah 3 dan ubah true menjadi false untuk mengembalikan kembali background YouTube menjadi putih (seperti sedia kala).

Tidak bisa dipungkiri, hadirnya tema gelap di aplikasi YouTube Android bisa menjadi solusi jitu bagi kita yang suka nonton video YouTube malam-malam, di kamar gelap, sambil baca komentar (scroll.. scroll.. dan seterusnya 😃). Warna latar gelap memang relatif lebih enak dilihat di kala gelap. Selain itu, gelap juga bisa melindungi diri kita dari kelelahan, jadi berdoalah sebelum kita tidur, jangan lupa cuci kaki dan tanganmu, jangan lupa doakan mama papa kita 😁

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×