20 Januari 2018

Google Maps Go: Aplikasi Peta Android Ringan Irit RAM

Ditulis oleh pada 20.1.18
Aplikasi peta untuk Android ya Google Maps. Iya, hampir semua pengguna ponsel Android yang suka jalan-jalan mengandalkan Google Maps untuk keperluan navigasi. Selain meminimalisir sesat di jalan karena malu bertanya, Google Maps juga sangat praktis untuk mengetahui bermacam informasi mengenai berbagai tempat populer termasuk kondisi jalan yang terbentang di depannya.

Google Maps Go

Masalahnya, (seperti halnya aplikasi populer lainnya) Google Maps makin hari makin berat untuk dijalankan sob, terutama untuk Android yang hanya dibekali sedikit RAM. Untungnya Google sudah menyiapkan versi ringannya sob. Benar sekali, Google Maps Go adalah aplikasi peta Android ringan plus irit RAM; yang dihadirkan khusus untuk ponsel Android Go. Berarti ponsel Android biasa tidak bisa pasang Google Maps Go?

Tenang, untuk saat ini aplikasi dengan embel-embel Go tidak bersifat eksklusif sob, jadi bisa dipasang di ponsel Android apa saja, termasuk ponsel Anda, cuma ada syaratnya. Untuk bisa menjalankan Google Maps Go, Anda wajib punya aplikasi Google Chrome terlebih dahulu. Kenapa begitu?

Karena Google Maps Google sebenarnya adalah Progressive Web App; sebuah teknologi yang menggabungkan aplikasi dengan web untuk menghasilkan pengalaman seperti menggunakan aplikasi; mirip-mirip lah dengan versi awal dari aplikasi Twitter Lite. Lalu bagaimana cara pasangnya?

Aplikasi Peta Android Ringan Irit RAM

Sama seperti aplikasi Android pada umumnya sob, cukup kunjungi link di akhir artikel untuk mengunduh Google Maps Go APK atau langsung lewat Play Store (siapa tahu sudah tersedia). Bila tertarik mengikuti pengembangan Google Maps Go, Anda juga bisa menjadi beta tester dengan mengunjungi link ini. Bagaimana dengan performanya?

Sudah pasti ringan sob, Maps Go pantas dikatakan sebagai alternatif terbaik dari Google Maps untuk Android yang minim RAM (1GB ke bawah). Meski tidak selengkap versi penuhnya, Maps Go cukup mumpuni untuk menemani Anda bertamasya ke tujuan yang belum pernah dikunjungi sebelumnya; tanpa perlu direpotkan lag yang muncul akibat kurangnya asupan RAM di ponsel Anda. Selamat mencoba 😊

Download Google Maps Go APK | Play Store

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×