28 September 2017

Cara Membuat PIN Cantik BBM Gratis [Custom PIN]

Ditulis oleh pada 28.9.17
Buat PIN kustom BBM sekarang gratis? Sebenarnya sudah lumayan lama sob gratisnya, sejak bulan Juli 2017 lalu. Pada pembaruan aplikasi BBM beta yang dirilis saat itu, terdapat changelog berikut: Customise your BBM PIN for free. Choose what's easy to remember and best describes who you are.

Bikin PIN Cantik BBM Gratis [Custom PIN]

Sayangnya, sejak saat itu fitur untuk mengganti/edit PIN aplikasi BBM beta menghilang sob, entah apa yang terjadi (sistemnya belum siap kali ya). Nah, kabar gembiranya, fitur tersebut kini telah kembali dan sekarang kita bisa membuat PIN cantik di BBM suka-suka secara gratis. Bagaimana caranya? Simak ulasan singkat di bawah ini.


Cara Membuat Custom PIN BBM Gratis


  1. Seperti biasa, silakan update aplikasi BBM Android Anda ke versi paling baru.

  2. Jalankan aplikasinya dan tuju tab "Saya" (Me) yang terletak di kanan bawah layar. Buka tautan "Buat PIN kustom sekarang juga" (Create free custom PIN today).

    Buat PIN kustom sekarang juga


  3. Kemudian Anda akan diminta menambahkan/menautkan nomor ponsel ke akun BBM Anda (bila diperlukan). Masukkan kode yang dikirim melalui SMS untuk keperluan verifikasi.

    verifikasi


  4. Selanjutnya buat PIN khusus BBM sesuai selera, minimal 6 karakter (maksimal 32 karakter), dan usahakan yang unik. Untuk saat ini PIN kustom tersebut hanya bisa dibuat satu kali (tidak bisa diedit atau diganti lagi), jadi bijaklah dalam memilih. Ketuk "Selesai" lalu "Benar" bila Anda sudah yakin (PIN baru bisa dilihat di tab "Saya").

    Mengganti PIN BBM Gratis


  5. Kok tidak bisa ya? Mungkin PIN yang Anda pilih sudah digunakan oleh orang lain sob (atau tidak sesuai dengan format yang ditentukan). Baca Persyaratan Layanan PIN Kustom BBM (screenshot pada langkah 3) untuk info lebih lanjut.

  6. Meski sudah ada PIN baru, PIN lama Anda (yang berupa angka amburadul) masih bisa digunakan sob (bisa dilihat di laman profil BBM - tab "Saya" - ketuk DP Anda).

  7. Bagaimana cara mengubah PIN BBM yang sudah diedit? Mulai BBM versi 3.3.11.146, kita bisa mengganti PIN kustom yang sebelumnya telah kita edit. Caranya mudah sob, mari lanjut bacanya.

UPDATE 12/12/2017: Pada pembaruan aplikasi BBM versi 3.3.11.146, kita sudah bisa mengedit/mengganti lagi PIN BBM yang sebelumnya telah kita ubah.


Cara Mengedit PIN Khusus BBM yang salah ketik


Selain salah ketik, mungkin Anda berubah pikiran dan ingin ganti PIN khusus BBM lama Anda dengan PIN baru yang lebih kece badai, silakan ikuti langkah mudah di bawah ini bila benar begitu.

  1. Update aplikasi BBM Android Anda ke versi paling baru (lewat Play Store).

  2. Masuk ke tab "Saya" (Me), lalu pilih PIN Anda untuk mengubahnya.

    Edit PIN Kustom BBM Android

  3. Akan muncul jendela peringatan dan pilih "Lanjutkan".

  4. Ketik PIN baru Anda dengan benar, caranya sama dengan cara membuat PIN kustom yang telah dibahas di atas.

  5. Beres sudah.

TIPS: Anda bisa mengubah PIN BBM sesering Anda mau. Meski demikian, perlu diingat bahwa setelah Anda ganti PIN baru, PIN lama Anda bakalan bisa digunakan oleh orang lain.

Nah, bagaimana sob, mudah bukan membuat PIN cantik BBM gratis alias tanpa bayar? Sekedar saran, buruan buat PIN kustom Anda sekarang juga sebelum dipakai orang lain. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×