25 Juli 2017

Mengubah Layar Android Menjadi Hitam Putih (Monokrom) Tanpa Aplikasi

Anak-anak awal 90-an mungkin pernah mengalami era hitam putih, sebuah masa di mana media masa (macam koran dan televisi) masih didominasi oleh dua warna dasar tersebut. Main game pun (gimbot - game watch) layarnya juga hitam putih.

Mengubah Layar Android Menjadi Hitam Putih

Telepon genggam atau ponsel masih jarang adanya, kalaupun ada pasti hanya orang berada yang punya, layarnya masih hitam putih jua sob. Sekarang pun para mahasiswa masih akrab dengan warna hitam putih; foto kopi makalah misalnya 😃.

Di masa kini, semua media sudah kaya akan warna. Teknologi layar hitam putih semakin jarang digunakan (kecuali untuk perangkat-perangkat tertentu seperti ebook reader misalnya). Telepon genggam, atau yang kini lebih sering disebut smartphone, wajib punya layar berwarna biar laku di pasaran. Ada sih smartphone yang masih dilengkapi layar hitam putih atau monokrom, tapi lebih ke gimmick saja saya rasa.

Di tengah dunia yang penuh warna ini, terkadang kita (anak-anak 90-an) ingin kembali ke masa lalu dan merasakan lagi era monokrom. Mungkin pula generasi millennial seperti kalian (iya, kalian) ingin mengalami indahnya era tersebut. Oleh karena itu, tips Memudahkan kali ini patut untuk dicoba sob.

Iya, seperti tertulis di judul artikel, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengubah layar ponsel Android yang penuh warna-warni menjadi hitam putih saja, tanpa pakai aplikasi apapun, tapi ada syaratnya. Untuk mengikuti tips ini, kita wajib menggunakan smartphone dengan Android 5.1 Lollipop atau yang lebih tinggi.


Cara Mengubah Layar Android Jadi Hitam Putih atau Monokrom


  1. Buat yang belum, silakan aktifkan terlebih dahulu Developer options atau Opsi pengembang Android melalui "Setelan", "Tentang ponsel", lalu ketuk "Nomor bentukan" sebanyak 7 kali.

  2. Selanjutnya kembali ke "Setelan", tuju "Opsi pengembang", dan cari "Simulasikan ruang warna".

    Opsi pengembang


  3. Kemudian pilih "Monokromasi"

    Simulasikan ruang warna


  4. Nah, mulai sekarang layar ponsel kita akan berubah menjadi monokrom, tunggal warna, grayscale, atau apalah sebutannya, yang pasti dominan hitam putih sob. Bagaimana, keren kan? 😁 (kiri: mode wana biasa, kanan: mode monokrom).

    mode monokrom android


  5. Pengen berwarna lagi? Ulangi langkah di atas dan pilih "Nonaktifkan" pada opsi "Simulasikan ruang warna".

Selain memberikan efek nostalgia, hitam putihnya layar Android kita bisa juga bermanfaat untuk mengurangi kecanduan smartphone atau media sosial sob. Kok bisa? Logikanya, tampilan layar monokrom relatif jauh lebih tidak menarik daripada layar berwarna. Jadi kita makin jarang main hape dan semakin sering melakukan hal lain yang lebih berguna.

Masih ada lagi sob, khusus untuk ponsel Android berlayar AMOLED, setelan layar monokrom jelas akan membuat baterai lebih hemat, karena layar tersebut hampir tidak membutuhkan energi untuk menampilkan warna gelap.

Btw, ngetik "hitam putih" dan "monokrom" jadi ingat lirik lagu ini: Lembar monokrom hitam putih, Aku coba ingat warna demi warna di hidupku. Tak akan ku mengenal cinta, bila bukan karena hati baikmu 😉 Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×