24 Juli 2017

Pasang Bola Pintas Ala Xiaomi di Ponsel Android Apa Saja

Ditulis oleh pada 24.7.17
Artikel ini ditulis karena pertanyaan ini: Apakah ada aplikasi yang mirip fitur Bola pintas Xiaomi secara fungsi dan tampilan (hape saya bukan Xiaomi soalnya)? Kemungkinan ada sob. Iya, fitur dengan nama lain Quick ball tersebut ternyata juga menarik perhatian pengguna ponsel non-Xiaomi.

Quick ball Xiaomi untuk Semua Android

Pada dasarnya, fungsi dari fitur Bola pintas Xiaomi bisa dengan mudah kita temukan pada aplikasi-aplikasi pengganti tombol navigasi Android (back, home, recent) yang beredar di Play Store. Masalahnya, tampilannya rata-rata berbeda sob dengan punya Xiaomi. Nah, setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata terdapat sebuah aplikasi yang fungsi dan tampilannya sebelas duabelas dengan Quick ball, yaitu Zone AssistiveTouch. Penasaran? Begini cara pasangnya.


Cara Pasang Bola Pintas Xiaomi di Semua Ponsel Android

  1. Unduh aplikasi dari developer WangBin tersebut dari Play Store (minimal Android 4.1, merk suka-suka, tidak harus Xiaomi).

  2. Jalankan aplikasi Zone AssistiveTouch, ketuk "Enable Zone AssistiveTouch" dan pilih "Accessibility" pada popup yang muncul.

    Enable Zone AssistiveTouch


  3. Cari dan pilih "Zone AssistiveTouch", aktifkan melalui tombol yang tersedia lalu ketuk "Oke". Selanjutnya akan muncul bola pintas transparan berlogo "Z" di sisi kanan layar.

    Zone AssistiveTouch


  4. Sampai di sini sudah selesai sob, Zone AssistiveTouch telah aktif dan siap digunakan. Sekedar tips, tekan tahan bola sampai berwarna biru untuk memindahkan posisinya; tekan bola sekali kemudian tekan tahan "X" untuk menyembunyikan bola di bar notifikasi.

    Seperti Bola pintas Xiaomi


Seperti halnya Bola pintas Xiaomi, Zone AssistiveTouch juga dilengkapi dengan beragam opsi dan setelan yang bisa kita atur sesuai selera atau kebutuhan; mulai dari mengubah pintasan tombol sampai fungsi App Freezer. Mari kita bahas lebih lanjut.
  1. Customize function, berfungsi untuk mengubah fungsi dari tiap-tiap tombol pintasan. Banyak sekali opsi yang bisa dipilih sob, termasuk pintasan kamera dan tombol volume.

  2. Customize appearance, berguna untuk mengkustomisasi tampilan Zone AssistiveTouch; seperti ukuran, transparansi, dan sensibilitas usapan. Selain itu, kita bisa mematikan opsi Show top Menu-bar agar makin mirip dengan Bola pintas Xiaomi.

  3. App Freezer, opsi pembekuan aplikasi ini butuh akses root, berfungsi untuk mencegah aplikasi berjalan di foreground maupun background tanpa menghapusnya.

Agar makin mirip dengan Bola pintas Xiaomi sekaligus memperoleh beberapa fitur ekstra, kita bisa membeli Zone AssistiveTouch Pro di Play Store. Begini penampakannya.

Zone AssistiveTouch Pro


Iya, dengan menggunakan versi pro, kita bisa mengubah tema bola pintas Zone AssistiveTouch sesuai keinginan, mengganti huruf "Z" dengan logo lingkaran ala Quick ball Xiaomi misalnya, atau menambah tombol pintasan yang semula hanya 5 menjadi 12, greget banget kan? Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×