10 Mei 2017

Cara Upload Foto Instagram via PC atau Laptop Tanpa Aplikasi

Mengunggah foto ke Instagram biasanya dilakukan melalui aplikasi Android atau sejenisnya. Iya, meski Instagram punya laman web yang bisa diakses melalui PC atau komputer, sampai saat ini belum ada opsi untuk upload foto atau video melalui laman tersebut.

Upload Foto Instagram via PC atau Laptop


Kan sudah ada aplikasi Instagram untuk Windows 10 PC? Betul sekali sob, tapi lagi-lagi tombol upload hanya akan muncul saat aplikasi Instagram itu dijalankan pada perangkat Windows 10 tertentu saja (yang dilengkapi dengan kamera depan dan berlayar sentuh).

Dari kenyataan tersebut, pihak Instagram rupanya berusaha untuk mempertahankan fokusnya pada pengguna perangkat mobile (lebih tepatnya smartphone atau tablet), dan belum memberikan fitur upload foto kepada pengguna PC, komputer, maupun laptop.

Walau demikian, belum lama ini Instagram sedang melakukan eksperimen pada laman web versi mobilenya dengan menambahkan tombol upload foto. Wow, berarti sekarang kita bisa upload foto dan video Instagram tanpa aplikasi? Sepertinya arahnya ke situ sob, namun untuk saat ini kita hanya bisa upload foto (video belum bisa) melalui laman web versi mobile tersebut.

Bagaimana dengan laman web Instagram versi desktop? Bisa jugakah buat upload foto? Untuk saat ini belum bisa sob, namun dengan sedikit usaha, unggah foto IG via browser desktop sangat mungkin untuk dilakukan. Penasaran? Lanjut bacanya.

Nah, sesuai judul artikel, kali ini kita akan membahas bagaimana cara unggah foto Instagram lewat PC, komputer, atau laptop tanpa aplikasi Instagram. Memangnya bisa? Kan tombol upload IG hanya muncul saat kita mengakses www.instagram.com lewat smartphone (versi mobile), pakai emulator ya? Bisa banget sob, ga perlu pakai emulator segala; cukup ikuti trik di bawah ini untuk mengakses laman web IG versi mobile menggunakan browser desktop.

Cara Unggah Foto ke Instagram via PC Web

  1. Silakan buka laman www.instagram.com dengan browser desktop favorit Anda lalu login seperti biasa. Dalam hal ini saya menggunakan Google Chrome.

  2. Klik kanan di laman tersebut lalu klik "Inspect" untuk membuka jendela "Developer Tools" (atau tekan Ctrl + Shift + I).

    Inspect

  3. Klik ikon "Toggle device toolbar" (atau tekan Ctrl + Shift + M) untuk membuka laman web Instagram versi mobile.

    Toggle device toolbar

  4. Nah, tombol upload (dengan ikon kamera) akan muncul di tengah bawah laman. Kalau semisal belum muncul, reload laman tersebut.

    Tombol upload Instagram Web

  5. Klik tombol tersebut untuk mulai mengunggah foto Instagram dari PC atau laptop Anda.

  6. Pilih foto yang akan diunggah, dalam hal ini saya memilih foto kabel Slimport, dan klik tombol "Open".

    Slimport

  7. Bila foto yang akan diunggah tidak muncul di laman web Instagram setelah tombol "Open" diklik, silakan ulangi langkah 5 dan 6. Kalau sudah muncul, "Crop" atau "Rotate" foto sesuai selera kemudian klik tombol "Next". Filternya gimana? Belum ada sob.

    Crop Rotate foto Instagram

  8. Beri keterangan atau caption secukupnya (termasuk hastag) lalu klik tombol "Share".

    Share Instagram web mobile

  9. Beres sudah sob. Foto dari PC, komputer, atau pun laptop kita kini telah berhasil diupload ke Instagram.

    Berhasil upload foto IG web

  10. Untuk kembali ke laman web Instagram versi dekstop, ulangi lagi langkah ke-3.

Selain menggunakan PC, cara di atas juga bisa langsung diterapkan via browser smartphone sob (tanpa perlu menerapkan langkah 2 dan 3). Jadi bila memori smartphone Anda terbatas dan belum sempat pasang aplikasi Instagram, langsung saja buka laman web Instagram dengan browser smartphone favorit Anda untuk mengupload atau sekedar lihat-lihat foto. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×