16 April 2017

Pintasan Menu Teks Bold, Italic, Strikethrough, dan Monospace di WhatsApp

Ditulis oleh pada 16.4.17
Kira-kira setahun yang lalu, Memudahkan pernah membahas mengenai cara membuat teks tebal, miring, dan coret di WhatsApp. Beberapa bulan kemudian, ada tambahan cara mengganti font WhatsApp dengan FixedSys (monospace).

pintasan menu format teks whatsapp

Kala itu (dan sampai artikel ini diketik), bermacam format teks WhatsApp tersebut dibuat dengan cara membubuhkan tanda baca atau kode di awal dan akhir kata/kalimat. Lumayan tidak praktis memang, karena kita harus menghafalkan beragam kode untuk masing-masing format teks (kode * untuk cetak tebal misalnya, atau kode ~ untuk coret).

Tapi tenang sob, tidak lama lagi kita bakal bisa membuat format teks WhatsApp dengan jalan yang lebih mudah. Cukup dengan menandai teks, lalu pilih pintasan yang tersedia di pop up (tebal, miring, coret, atau monospace; ketuk menu tiga titik lalu gulir ke bawah bila pintasan belum muncul) maka jadilah teks dengan format yang diinginkan. Cek screenshot berikut biar lebih jelas.

shortcut bold, italic, coret di whatsapp android


Untuk saat ini pintasan menu format teks tersebut baru tersedia di WhatsApp versi beta (dan khusus Android Lollipop ke atas, CMIIW). Meski demikian, ternyata pintasan itu juga muncul di Android KitKat sob, namun dengan tampilan yang berbeda.

shortcut format teks wa android kitkat


Bagaimana bila pintasan menunya tidak muncul? Tenang sob, kita masih bisa menggunakan kode format teks WhatsApp seperti biasa (cara lama), sembari menunggu update aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Nah, lewat pintasan menu teks bold, italic, dsb., kita tak perlu lagi menghafalkan beragam kode untuk sekedar mengganti format teks atau gaya huruf di WhatsApp. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×