05 Maret 2017

Cara Mengubah Android Menjadi Joystick untuk Android Lainnya

Ditulis oleh pada 5.3.17
Bukannya pernah dibahas? Benar sob, tapi yang ini beda. Bila di artikel sebelumnya kita menggunakan aplikasi BT Controller, kali ini yang akan dibahas adalah emulator Nintendo Entertainment System (NES) untuk Android yang memiliki fitur Wifi controller.

Mengubah Android Menjadi Joystick untuk Android Lainnya

Sebelumya kita flashback dulu. Main game Android pakai stick eksternal memang mengasyikkan dan tentu lebih greget dibandingkan pakai layar sentuh saja. Walau begitu, sayangnya tidak semua perangkat Android bisa dipasangi stick macam stick PS2, PS3, Xbox, dan sebangsanya. Kenapa demikian?


Kenapa Android Tidak Support Gamepad?


Sebenarnya itu masalah klasik, namun sampai saat ini masih saja ruwet bin njlimet 😃. Sederhananya, tidak semua produsen atau vendor smartphone Android memandang fitur gamepad eksternal sebagai nilai jual. Mereka lebih mengutamakan fitur kamera, ketajaman layar, ketahanan baterai serta sejumlah gimmick pendukungnya.

Masuk akal sih, karena orang beli hape pintar umumnya memang buat foto-foto, browsing medsos, dan juga komunikasi; tidak semata-mata buat nge-game saja. Jadi meskipun pada dasarnya OS Android sudah menyediakan driver khusus untuk gamepad, nyatanya tidak semua perangkat berbasis Android bisa dipasangi gamepad sob (karena drivernya tidak disertakan oleh sang vendor).


Pilih Android buat Gaming?


Lalu bagaimana cara memilih Android yang cocok untuk nge-game pakai joystick atau gamepad? Mudah-mudah susah sob, namun pada umumnya ponsel atau tablet flagship (unggulan, andalan) dari vendor ternama sudah dibekali dengan driver yang sangat lengkap (termasuk driver gamepad), atau setidaknya pilih yang speknya menengah ke atas.


Ubah Android jadi Stick buat Android Lainnya


Ok, kembali ke topik awal. Bila ternyata Android Anda memang tidak dibekali driver pengenal stick eksternal, gunakan saja Android lain sebagai gamepad sob. Iya, dengan menggunakan emulator Nostalgia.NES, kita bisa mengubah Android menjadi joystick untuk Android lainnya. Caranya mudah sekali, langsung saja simak video dari channel YouTube Memudahkan berikut ini.


Meskipun masih pakai layar sentuh, paling tidak kita bisa merasakan pengalaman unik main game di Android pakai stick eksternal, seperti layar bebas jempol, pandangan lebih luas bersih karena absennya tombol virtual, dan bisa main game rame-rame (multiplayer). Selama mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×