04 Oktober 2016

Cara Mengubah Flashdisk Biasa Menjadi Flashdisk USB OTG

Ditulis oleh pada 4.10.16

Media penyimpanan smartphone makin hari memang kian besar saja sob. Kartu microSD yang dulu hanya berkapasitas puluhan gigabyte kini melar mencapai 1 terabyte (masih prototype sih). Walau demikian, berapa pun kapasitasnya, sepertinya tak ada satu pun kartu SD yang cukup untuk menampung semua foto selfie Anda 😄

Flashdisk USB OTG Android

Hanya candaan sob, tak perlu dibawa serius; tapi pernahkah Anda kepenuhan memori di kala keinginan selfie tiada terbendung lagi? Bila pernah, salah satu solusi mengatasi memori Android penuh adalah dengan menghapus aplikasi, game, file, atau foto yang sekiranya tak lagi diperlukan.

Sayang kalau dihapus, fotonya penuh kenangan. Kalau begitu pindahkan saja fotonya ke harddisk PC atau laptop sob. Lagi liburan, ga bawa laptop, apalagi PC. Pindahin ke flashdisk saja sob. Iya, sebelumnya Memudahkan pernah membahas cara menghubungkan flashdisk ke Android dengan kabel USB OTG.

Pada artikel yang masih setopik, disinggung pula flashdisk khusus yang memiliki konektor micro USB (SanDisk Ultra Dual USB Drive). Nah, flashdisk tersebut sangat cocok untuk Anda yang akan berlibur. Kalau misalnya memori ponsel Android Anda penuh sewaktu liburan (akibat keseringan selfie), langsung transfer saja foto-foto Anda ke flashdisk tersebut.

Harga flashdisk USB OTG memang relatif murah sob (tidak mahal), namun bila ingin lebih berhemat, kita bisa mengubah flashdisk biasa menjadi flashdisk USB OTG. Pakai kabel? Bisa sih, tapi kurang praktis dan malah bikin ribet sob, mendingan simak video tentang cara menjadikan flashdisk support USB OTG Android di bawah ini.

youtube image

Pada video tersebut, saya menggunakan adaptor USB OTG (USB 2.0 ke micro USB) dari Remax. Selain lebih praktis (karena tanpa kabel), harga micro USB adapter tersebut juga lebih murah daripada flashdisk OTG sob, jadi bisa berhemat (apalagi kalau sudah punya banyak flashdisk berserakan di rumah).

Baca juga: Buka Isi Flashdisk di Android dengan OTG Adapter

Tertarik mencoba? Anda bisa mendapatkan Remax Micro USB Adapter (Happy RA-OTG Mic-USB adapter) di toko online favorit Anda:

Atau langsung ke situs resmi Remax Indonesia, dengan rentang harga 20 sampai 40 ribu rupiah. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×