01 Oktober 2016

Muviz: Menampilkan Music Visualizer di Navbar Android Tanpa Root

Ditulis oleh pada 1.10.16
Apa itu music visualizer? Singkatnya, music visualizer adalah visualisasi (berupa animasi) yang tampil saat musik diputar. Iya benar sob, seperti efek visualisasi yang ada di Winamp atau AIMP untuk Windows. Ketika musik mengalun, visualizer akan bergerak sesuai iramanya (sinkron), jadi selain mendengar, kita juga akan disuguhi tampilan menarik dari visualisasi musik tersebut.

Menampilkan Music Visualizer di Navbar Android Tanpa Root

Sayangnya, saat ini aplikasi Winamp dan AIMP untuk Android (bahkan PowerAmp sekalipun) belum menyediakan fitur music visualizer. Apakah ada aplikasi music player Android yang bisa menampilkan visualizer? Ada sob, tapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini. Biar lebih memudahkan, pada kesempatan ini kita akan membahas cara menampilkan music visualizer di navbar Android tanpa root, dan tanpa bergantung pada aplikasi music player tertentu.

Pakai aplikasi? Tentu saja sob, namanya Muviz. Aplikasi Android yang dikembangkan oleh Perfect Apps tersebut mampu menampilkan visualisasi audio (baik yang berasal dari pemutar musik maupun pemutar video) pada bar navigasi Android. Bagaimana dengan perangkat Android yang tak punya navbar onscreen? Tak masalah, Muviz sudah menyediakan pengaturan khusus untuk menampilkan visualisasi musik tepat di dasar layar Android yang tidak memiliki bar navigasi on screen (Settings > Visualization Position > Place Viz above Navigation Bar).

Lalu bagaimana cara memunculkan visualisasi musik di Android dengan Muviz? Mudah sekali sob, download dan jalankan Muviz, hidupkan melalui tombol 'Show Visualization', lalu pilih (atau buat baru) visualizer sesuai selera (pilih 'Go Live'), kemudian putar musik atau video dengan aplikasi favorit Anda. Tak berselang lama, visualizer akan otomatis muncul di navbar atau sisi bawah layar Android Anda. Cek video singkat berikut biar lebih gamblang.

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Pada video tersebut, saya mencoba memutar video melalui YouTube, lalu menghidupkan Muviz untuk memunculkan visualizer di navbar (langkahnya sedikit berbeda dengan langkah di paragraf sebelumnya, tapi intinya sama saja sob :D). Selain YouTube, Muviz juga bisa menampilkan navbar ketika kita memutar musik/video menggunakan PowerAmp, Google Play Music, Spotify, MX Player, dan lain sebagainya.

Nah, menampilkan music visualizer di navbar Android tanpa root? Mudah sob ternyata. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×