02 Desember 2015

Download ASUS ZenUI Launcher untuk Semua Perangkat Android [4.3+]

Ini memang bukan kabar baru sob, tapi buat yang belum tahu, ini adalah kabar baru :D (ya iyalah). Pengguna ponsel seri Zenfone dari Asus? Ini mungkin juga bukan kabar (baik) untuk Anda. Ok, inilah beritanya: Aplikasi ZenUI Launcher kini bisa dipasang pada semua ponsel Android 4.3 Jelly Bean ke atas. Iya, launcher yang dulu hanya tersedia secara eksklusif untuk ponsel Zenfone buatan Asus tersebut sekarang sudah bisa digunakan pada merek Android manapun.

Asus ZenUI Launcher

Apa saja kelebihan ZenUI Launcher dibandingkan launcher Android lain? Banyak sob, salah satunya adalah mode layout yang bisa dipilih antara One layer dan Two layer (tekan lama homescreen/swipe ke atas > Preferences > Home screen > Layout). Untuk Anda yang suka dengan launcher ala Xiaomi atau iPhone (tanpa app drawer, semua aplikasi berada di homescreen), One layer adalah pilihan yang tepat. Lebih suka dengan layout standar Android yang punya app drawer horizontal? Pilih saja Two layer.

Home screen > Layout
Kiri: One layer mode | Kanan: Two layer mode


Tak suka dengan kedua layout di atas? Tenang sob, ZenUI Launcher juga dilengkapi shortcut khusus untuk menampilkan daftar aplikasi yang ditampilkan secara vertikal, mirip dengan launcher Android Marsmallow terbaru (bisa diakses dengan menambah pintasan All apps dari daftar widget).

All apps
All apps: daftar aplikasi vertikal


Selain pilihan mode layout yang dinamis, ZenUI Launcher juga menyediakan beberapa fitur lain yang tak kalah keren seperti dukungan tema, icon pack, opsi ganti gaya huruf (font), pencarian cepat untuk aplikasi, kontak, & web, fitur Smart Group (pengelompokan aplikasi secara otomatis), fitur untuk mengunci dan menyembunyikan aplikasi, dan berbagai fitur pelengkap lainnya.

Satu lagi sob, tidak semua fitur ZenUI bisa dinikmati melalui ZenUI Launcher. Fitur ZenMotion misalnya, sebuah fitur yang berguna untuk menghidupkan layar dengan mengetuknya 2 kali, atau meluncurkan kamera dengan usapan melingkar di layar; yang hanya tersedia untuk ponsel seri Zenfone dari Asus. Meski begitu, fitur-fitur yang ditawarkan ZenUI Launcher untuk ponsel Android non-Asus tersebut bisa dikatakan sudah cukup mewakili jati diri dari ZenUi itu sendiri.

Lalu bagaimana dengan performanya? Ketika dicoba di ponsel Android One generasi pertama dengan OS versi 6.0 Marsmallow, saya rasa performa ZenUI Launcher cukup menjanjikan. Tidak ada lag sama sekali. Perpindahan antar laman terasa halus dan ringan sob, bisalah untuk digunakan sebagai launcher harian. Tampilannya juga mantap, banyak kustomisasi yang siap memanjakan mata (tema, ikon, wallpaper, font, dsb.)

Nah, tunggu apa lagi? Jika Anda berniat untuk membeli ponsel Asus Zenfone dalam waktu dekat dan ingin mengetahui gambaran antarmukanya, atau sekedar penasaran bagaimana rasanya ZenUI besutan Asus, pasang saja ZenUI Launcher di ponsel atau tablet Android Anda. Ketika artikel ini diterbitkan, Asus ZenUI Launcher sudah bisa diunduh langsung melalui Play Store. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×