04 Desember 2015

Cara Menghubungkan Stick PS3 ke Android Tanpa Root [Sixaxis Enabler]

Ditulis oleh pada 4.12.15
Selain mengasyikan, bermain game di Android menggunakan stick atau gamepad juga memudahkan. Iya, menekan tombol fisik yang terpampang di stick relatif lebih mudah dan nyaman dari menekan layar sentuh, berbeda rasa sob, feel-nya lebih dapet, lebih presisi.

Menghubungkan Stick PS3 ke Android Tanpa Root

Memang tidak semua game Android bisa nyaman dimainkan pakai stick, ada beberapa game yang cukup dimainkan pakai layar sentuh daripada harus nekat memainkannya pakai stick, Clash of Clans misalnya, bakalan ribet mainnya sob :D Walau begitu, bila Anda senang bereksperimen, hampir semua game Android bisa dimainkan pakai stick sob, ga percaya? Cek artikel berikut ini.


Sekarang percaya? Asal perangkat Android-nya cocok dipasangi aplikasi Sixaxis Controller, kita bisa main game Android apa saja pakai stick PlayStation 3. Sayangnya, tidak semua perangkat Android bisa menjalankan aplikasi Sixaxis Controller, apalagi yang belum punya hak akses root. Untungnya, selain aplikasi buatan Dancing Pixel Studios tersebut, masih ada alternatif aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa, yaitu Sixaxis Enabler.

Seperti namanya, Sixaxis Enabler adalah aplikasi yang berguna untuk menghubungkan stick PlayStation 3 (selanjutnya disebut stick PS3) ke Android tanpa root. Beneran sob, tak perlu repot-repot root untuk sekedar main game Android pake stick PS3, tapi ada syaratnya.

Berbeda dengan Sixaxis Controller, aplikasi Sixaxis Enabler hanya kompatibel dengan perangkat Android yang sudah support USB OTG dan memiliki firmware yang cocok dengan stick PS3. Bagaimana cara cek Android support USB OTG atau tidak? Silakan baca artikel ini.


Lalu bagaimana cara mengetahui kecocokan firmware Android dengan stick PS3? Secara umum, mulai versi 3.0, sistem operasi Android sudah dilengkapi dengan driver HID (Human Interface Device) yang berguna untuk mengenali dan menjalankan fungsi mouse, keyboard, dan juga gamepad/stick. Hanya saja karena satu dan lain hal, tidak semua produsen perangkat Android menyertakan driver tersebut, dan meskipun disertakan, tidak semua hardware perangkat Android didesain untuk bisa menjalankannya (ribet juga ya).

Berdasarkan keterangan dari Play Store, berikut ini adalah perangkat Android yang bisa dihubungkan dengan stick PS3 melalui aplikasi Sixaxis Enabler.
  • Nexus 7 2012/2013
  • Nexus 5
  • Nexus 10
  • Samsung Galaxy Note 2/3/4/5
  • Samsung Galaxy S3/S4/S5
  • Samsung Galaxy Note 8.0
  • Samsung Galaxy Note 10.1 Original/2014
  • Samsung Galaxy Tab Pro 8.4
  • Samsung Galaxy Tab3 8.0
  • LG G2/G3
  • LG G Pad 8.3
  • Motorola XOOM
  • Minix Neo X5

Tak ada dalam daftar di atas? Tak perlu galau sob, silakan langsung coba unduh dan pasang aplikasi Sixaxis Enabler (berbayar, bisa dibeli pakai pulsa dan bisa refund bila ternyata tidak cocok) di ponsel atau tablet Android Anda, kemudian simak video tutorial berikut atau ikuti langkah mudah di bawahnya.



Siapkan dulu alat dan bahan berikut sob.
  • Ponsel atau tablet Android.
  • Stick PS3.
  • Aplikasi Sixaxis Enabler (link tersedia di paragraf sebelumnya).
  • Kabel USB OTG.
  • Kabel mini USB.

Setelah semua siap, jalankan aplikasi Sixaxis Enabler.

Sambungkan stick PS3 dengan kabel mini USB lalu hubungkan ke Android dengan kabel USB OTG.

Sixaxis Enabler mengakses USB

Pilih OK untuk mengizinkan Sixaxis Enabler mengakses USB di Android.

____________________________

Saat muncul STATUS: Sixaxis connected, please tap (PS) button ... tekan tombol berlogo PS di stick PS3.

STATUS: SIXAXIS ENABLED

Tunggu keempat lampu di stick PS3 berhenti berkedip dan hanya satu lampu yang menyala (LED nomor 1).

Bila muncul STATUS: SIXAXIS ENABLED!! Please try button and stick... maka selamat, Anda telah berhasil menghubungkan stick PS3 ke Android tanpa root dengan aplikasi Sixaxis Enabler. Tekan beberapa tombol di stick sebagai percobaan dan lihat apa yang terjadi di layar Android Anda.

___________________________

Selanjutnya, jalankan game Android yang mendukung penggunaan gamepad atau stick, untuk tutorial ini saya mencoba memainkan game Beach Buggy Racing.

Beach Buggy Racing gamepad setting

Di dalam game BB Racing, masuk ke Settings > Controls. Jika ada pesan Gamepad not found, tekan beberapa tombol di stick PS3 Anda sehingga pesan tadi berubah menjadi View gamepad. Ketuk pesan tersebut untuk mengetahui mapping tombol game BB Racing.

Selain game-game standar Android yang beredar di Play Store, kita juga bisa memainkan game-game retro menggunakan stick PS3 via aplikasi emulator (seperti PPSSPP, FPSE, Nostalgia NES, dsb.), namun sebelumnya lakukan mapping tersebih dahulu. OK, selamat mencoba dan selamat bermain sob, bila ada yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan :)


Bila ponsel Anda gagal terhubung dengan stick PS3, artikel di bawah ini mungkin bisa dijadikan solusi.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×