27 Juli 2017

10 Aplikasi Catatan/Teks Editor Android Terbaik

Ide bisa muncul kapan saja. Di sisi lain, kita bisa lupa kapan saja. Iya, otak manusia memang mengagumkan, mempunyai kemampuan untuk menyimpan memori lebih baik dari komputer atau perangkat pintar buatan manuasia manapun. Meski demikian, otak kita juga memiliki kemampuan untuk melupakan memori tersebut.

Aplikasi Catatan Android Terbaik

Kita bersama otak kita memang terbiasa mengingat hal-hal penting, dan terbiasa pula melupakannya. Untuk menghindari itu, pada umumnya kita menuangkan ide atau hal penting lainnya dalam bentuk tulisan di atas kertas, yang sering disebut dengan mencatat.

Mencatat biasa dilakukan dengan pena dan kertas, namun di era perangkat pintar ini, mencatat bisa juga dilakukan menggunakan smartphone atau tablet Android.

Di Play Store, banyak beredar aplikasi catatan untuk Android, mulai yang sederhana sampai yang rumitnya ga ketulungan. Ada yang ringan, sekali tap bisa langsung digunakan untuk mencatat. Ada pula yang berat, baru bisa digunakan saat ide kita sudah menguap.

Nah, untuk memudahkan Anda, kali ini Memudahkan akan mengulas 10 aplikasi catatan Android terbaik. Terbaik seperti apa? Di artikel ini, saya memilih 10 aplikasi catatan Android dengan 4 kriteria khusus, yaitu ringan, cepat, simpel, dan gratis. Penasaran? Lanjut bacanya sob.


ColorNote Notepad Notes


Aplikasi pertama dalam daftar ini adalah ColorNote. Bisa dibilang ColorNote adalah aplikasi catatan Android pertama yang saya kenal, dan sampai sekarang masih saya gunakan.

Secara tampilan, ColorNote hadir  dengan teks editor yang menyerupai kertas bergaris, berwarna-warni dan presisi. Kenapa presisi? Teksnya tepat di atas garis sob (kadang ada aplikasi sejenis yang posisi teksnya tidak pas dengan garisnya).

Selain catatan biasa, kita juga bisa membuat ceklis di ColorNote (berguna untuk membuat todolist, daftar belanja, dsb.). Untuk kemudahan akses, kita bisa meletakkan catatan atau ceklis tersebut di bar notifikasi (sebagai pengingat atau reminder) atau di homescreen (sebagai widget).

Editor teks ColorNoteColorNote home

Buat Anda yang suka nulis diary, ColorNote menyediakan fitur kalender yang tiap petak tanggalnya bisa diisi dengan catatan harian, catatan perjalanan, atau rencana liburan Anda. Tak ingin dibaca orang lain? Anda bisa mengunci catatan Anda dengan menggunakan password (bisa diatur melalui Setting > Master password atau tekan tahan catatan yang akan dikunci lalu pilih Lock).

Agar catatan yang Anda tulis tidak terhapus begitu saja ketika ganti hape (hilang, rusak, dsb,), ColorNote menyediakan fitur online sync, yang berguna untuk mencadangkan catatan Anda secara online. Fitur tersebut juga berguna bagi Anda yang mempunyai lebih dari satu perangkat Android, jadi apa yang Anda tulis di satu ponsel akan muncul pula di ponsel/tablet lainnya, sinkron instilahnya sob.

Download ColorNote


EasyWriter (Writer Plus)


Aplikasi catatan Android selanjutnya adalah EasyWriter. Seperti namanya, aplikasi yang juga disebut Writer Plus tersebut sangat cocok untuk Anda yang mengutamakan kecepatan dalam menulis.

Iya, saking cepatnya, tak ada lag yang saya temui selama mencoba Writer Plus. Sebagai kompensasinya, Writer Plus bisa dibilang minim fitur (tanpa fitur sync, lock, kalender, dsb.)

Walau minim fitur, Writer Plus punya kelebihan yang tak dimiliki aplikasi note Android lainnya. Salah satunya adalah fitur variasi format teks menggunakan markdown, seperti *italic*, **bold**, dan juga gabungan ***keduanya***.

Writer PlusEasyWriter

Selain itu, bila Anda ingin membuat daftar atau list yang dilengkapi dengan angka maupun simbol penanda, langsung saja tulis angka diikuti tanda titik dan lihat apa yang terjadi (coba juga menggunakan tanda '-' atau '+').

Hanya itu saja fitur yang dipunyai Writer Plus? Masih ada beberapa lagi sob, silakan simak catatan dengan judul 'Welcome to Writer Plus' yang otomatis tersedia setelah Anda memasang aplikasi tersebut.

Download EasyWriter


GNotes - Note everything


Tampilan yang ditawarkan GNotes lumayan menarik, meski hanya terdiri dari tiga warna utama saja (hijau dan putih/hitam). Cocok untuk Anda yang menginginkan aplikasi catatan dengan warna dasar polos putih atau hitam.

Berbeda dengan dua aplikasi catatan Android sebelumnya, kita bisa melampirkan foto pada catatan yang dibuat di GNotes. Tak hanya foto sob, GNotes juga menyediakan tool khusus untuk menggambar atau menulis dengan jari (handwriting), dan tool untuk merekam suara, yang bisa disertakan pada catatan teks yang sebelumnya telah ditulis dengan GNotes.

GNotesNote everything

Uniknya, selain bisa digunakan untuk mencari (seluruh) catatan (yang ada), fitur search di GNotes juga bisa dipakai untuk mencari kata tertentu dalam sebuah catatan, mirip fitur Find in page pada Google Chrome.

Seperti halnya ColorNote, kita bisa menyelaraskan catatan GNotes secara online dan mengunduhnya kembali bila diperlukan (sehabis ganti ROM misalnya).

Download GNotes


Google Keep


Kemungkinan Anda sudah kenal dengan Google Keep. Buat yang belum kenal, Google Keep adalah aplikasi note buatan Google. Tiada beda dengan aplikasi note Android lainnya, Google Keep bisa dimanfaatkan untuk menampung ide-ide Anda, baik berupa teks (catatan), gambar (foto), pengingat (reminder), dan daftar (list). Sederhananya, Anda bisa memakai Google Keep untuk menulis catatan yang mudah diorganisir dengan warna maupun label.

Antarmuka Google Keep cukup mirip dengan ColorNote, sama-sama warna-warni. Bedanya, editor teks Google Keep tidak bergaris layaknya ColorNote.

Google KeepShopping list

Masalah fitur, Google Keep memang gudangnya sob, hampir semua fitur aplikasi note Android yang dibahas di artikel ini hadir pula di Google Keep. Selain itu, Google Keep juga bersifat cross platform, bisa juga ditemukan di PC dan web. Untuk Anda yang sering bekerja dalam kelompok, terdapat fitur kolaborasi di Google Keep, yang memungkinkan Anda mengedit catatan bersama-sama dengan teman Anda pada waktu yang sama dan di tempat yang berbeda.

Satu yang kurang dari aplikasi catatan Android bikinan Google tersebut, untuk saat ini Google Keep belum dilengkapi dengan fitur lock untuk mengunci catatan yang telah Anda tulis.

Download Google Keep


Memorix Notes + Checklists


Sekilas, tampilan aplikasi Memorix mirip dengan Google Keep. Animasi yang ditampilkan saat membuka catatan pun hampir sama. Di sisi fitur, Memorix Notes tidak memiliki fitur kolaborasi seperti Google Keep, namun fitur pengunci catatan (vault) sudah tersedia pada aplikasi tersebut.

Bedanya lagi, bila Google Keep menyimpan catatan Anda secara online di Google Drive, saat ini Memorix hanya menyediakan fitur backup lokal (sdcard), yang bisa Anda unggah sendiri secara manual ke layanan cloud storage favorit Anda.

Memorix Notesmemorix home

Lalu kenapa Memorix masuk sebagai salah satu aplikasi catatan Android terbaik?

Di samping simpel dan berpenampilan menarik (warnanya adem), Memorix terbilang sangat cepat dan mudah digunakan sob, sehingga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang menyukai tampilan Google Keep, tapi dengan fitur sederhana dan tidak memberatkan ponsel Android Anda.

Download Memorix Notes


Monospace Writer


Bisa dibilang Monospace adalah versi advance dari Writer Plus. Seperti EasyWriter (Writer Plus), aplikasi yang satu ini juga menyajikan beragam format teks. Bedanya, untuk mengubah suatu kata atau frasa menjadi miring atau tebal di Monospace, Anda cukup menandainya lalu memilih format yang diinginkan via popup yang muncul.

Asyiknya, catatan beserta format teks yang digarap dengan Monospace bisa diekspor ke beragam layanan blogging seperti Wordpress dan Tumblr.

Monospace Writer formatMonospace Writer hashtag

Bila Anda tidak berniat untuk ngeblog, Monospace juga bisa disinkronkan dengan Dropbox, sehingga catatan Anda tetap aman walau hape rusak atau hilang.

Untuk memudahkan mengelompokkan catatan (atau menghubungkan satu catatan ke catatan lainnya), Anda dapat membubuhkan hashtag pada catatan yang tertulis di Monospace. Iya, seperti hashtag yang sering muncul di Twitter sob, catatan dengan hashtag yang sama akan terhubung satu sama lain.

Download Monospace


Simplenote


Nama Simplenote benar-benar mewakili jati diri dari aplikasi catatan Android ini. Beneran simpel sob, paling sederhana di antara semua aplikasi yang sudah dibahas di atas. Kesederhanaan yang disuguhkan Simplenote tidaklah bersifat negatif, tetapi sebaliknya.

Secara subjektif, saya menyukai aplikasi Simplenote, simpel dan mudah digunakan. Apalagi fitur sinkronisasi onlinenya yang beralamat di simplenote.com, bisa diakses dengan cepat dari mana saja.

Simplenote mainSimplenote editor

Berbicara tampilan, Simplenote memang tidak neko-neko, tampil polos apa adanya. Pilihan warna dasarnya hanya hitam dan putih (bisa dipilih lewat Setting > Theme).

Kata yang Anda ketik di baris pertama editor teks Simplenote otomatis akan menjadi judul catatan (ukurannya lebih besar dari baris selanjutnya). Di atasnya, Anda bisa menambahkan tag atau tagar untuk mengkategorikan catatan yang Anda tulis di Simplenote.

Download Simplenote


ALMemo - Tag, Floating memo


Pernah menggunakan aplikasi ALZip atau ALSong? Coba juga ALMemo sob, aplikasi yang berguna untuk menulis memo di Android. Memang memo apaan? Memo itu saudaranya catatan sob, sama saja artinya :D

Kembali ke ALMemo, aplikasi ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan aplikasi catatan Android lainnya, namun tentu saja dengan kelebihan yang membuatnya layak disebut sebagai salah satu aplikasi catatan terbaik versi Memudahkan, yaitu floating memo.

ALMemoFloating memo

Apa itu floating memo? Terjemahan bebasnya 'memo yang melayang' sob. Iya, editor teks ALMemo bisa dibuat melayang (seperti tampilan multi window) di permukaan layar Adroid Anda, jadi bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan dua/lebih perkerjaan dalam waktu yang hampir bersamaan; multitasking; misalnya nulis notes sambil nonton video.

Download AlMemo | APK


Omni Notes


Kesan pertama yang menggoda dari Omni Note adalah tampilannya yang sudah berpedoman pada material design; sedikit mirip dengan Memorix meski background teks editornya tidak berwarna-warni.

Layaknya GNotes, Omni Notes dilengkapi pula dengan fitur untuk melampirkan gambar (sketsa, coretan), foto (termasuk animasi GIF), video, suara, lokasi, bahkan file umum seperti doc atau pdf.

Omni NotesOmni Notes lampiran

Buat Anda yang sering beralih dari layar ponsel ke layar PC atau sebaliknya, Omni Note menyediakan fitur khusus yang berguna untuk mengirim catatan sebagai pesan ke perangkat lain (PC) melalui Pushbullet, cukup praktis sob.

Catatan yang Anda ketik di Omni Note bisa dilabeli sesuai selera (dengan warna border dan juga kata-kata), mirip-miriplah sama Google Keep dan Simplenote.

Download Omni Notes


1Sec Note: Floating Cloud Note


Di beberapa paragraf sebelumnya, saya sempat menyatakan bahwa Simplenote merupakan aplikasi catatan Android yang paling simple alias sederhana. Nah, kalau Anda butuh yang lebih simpel lagi, 1Sec Note solusinya sob.

Tampilan editor teks 1Sec Note begitu minimalis, hanya berupa kotak transparan kecil yang melayang di tengah layar (sejenis dengan fitur floating memo-nya ALMemo). Kotak tersebut bisa dipindah-pindah sob, cocok untuk Anda yang sering multitasking (nulis catatan sambil chatting misalnya).

1Sec Note floating1Sec Note

Merasa teks editornya terlalu kecil untuk ide Anda yang meluap-luap? Jangan khawatir sob, editor teks 1Sec Note (yang berupa kotak kecil tadi) bisa meluas secara otomatis seiring bertambahnya kata-kata yang Anda ketikkan.

Secara default, 1Sec Notes bisa diakses langsung dari bar notifikasi Android, tinggal geser bar notifikasi ke bawah, pilih ikon plus yang tersedia, dan Anda siap untuk menulis. Untuk melihat daftar catatan yang telah ditulis, pilih ikon arsip yang juga tersedia di bar notifikasi.

Masalah backup tak perlu khawatir sob, catatan yang Anda tulis di 1Sec Note bisa dicadangkan secara online via Dropbox, Evernote, OneNote, dan Google Drive, tinggal pilih salah satu atau borong semuanya juga boleh 😄

Download 1Sec Note

____________________

Nah, dari 10 aplikasi catatan terbaik untuk Android di atas, manakah yang menjadi pilihan Anda?

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×