17 Mei 2015

Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)

November tahun lalu, Memudahkan pernah mengulas tentang cara install bar navigasi Android Lollipop pada Android lawas (sebelum Lollipop) dengan menggunakan Xposed. Ulasan tersebut saya tujukan untuk pengguna Android yang sudah memiliki akses root pada ponselnya. Kali ini, Memudahkan akan menunjukkan jalan untuk Anda yang ingin memiliki bar navigasi ala Android Lollipop tanpa harus root.

Tunggu, Apa itu bar navigasi Android? Navigation bar atau bar navigasi Android adalah kumpulan tombol navigasi Android (back, home, recent/menu) yang pada umumnya terletak di sisi bawah layar. Untuk perangkat Android yang beredar di pasaran saat ini, setidaknya terdapat 3 macam bar navigasi, seperti yang tampak pada ilustrasi berikut.

Bar navigasi Android

Pertama, bar navigasi on screen (menyatu dengan layar) yang biasa kita temui pada ponsel dan tablet Android besutan Google (Nexus dan Android One), beberapa seri Android LG, Sony Xperia, dsb. Kedua adalah bar navigasi kapasitif (berupa tombol kapasitif yang terpisah dengan layar) yang umum dipakai pada ponsel buatan Asus dan Xiaomi (seri Zenfone, Redmi, dsb). Ketiga, bar navigasi fisik plus kapasitif (paduan tombol fisik dan kapasitif), seperti yang terpampang di hampir semua seri Samsung Galaxy.


Bila Anda pengguna Android Nexus atau Android One, kemungkinan mengalami masalah dalam penggunaan bar navigasi bisa dibilang relatif kecil, karena tombolnya menyatu dengan layar. Untuk Anda pengguna seri Zenfone atau Galaxy, bisa jadi seiring berjalannya waktu, sensitifitas atau fungsi tombol fisik dan/atau kapasitifnya mulai berkurang, bahkan kadang tidak berfungsi sama sekali. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, aplikasi pengganti bar navigasi (tombol fisik dan kapasitif) ini layak untuk dicoba.

memunculkan Bar navigasi ala Android LollipopSetting Simple Control


Adalah Simple Control, sebuah aplikasi yang berguna untuk memunculkan navbar Android sebagai pengganti tombol fisik atau kapasitif yang tidak berfungsi atau rusak (khususnya tombol navigasi, bukan tombol power atau volume). Asyiknya, selain tidak membutuhkan akses root dalam penggunaannya, Simple Control juga memiliki tampilan bar navigasi keren yang mirip dengan bar navigasi Android Lollipop atau Marshmallow, cek aksinya pada video pendek berikut.

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Nah, sudah gamblang kan? Simple Control cocok digunakan pada Android yang tidak memiliki navbar on screen seperti ponsel Samsung Galaxy Ace yang saya gunakan pada video di atas (yang kebetulan tombol home fisiknya sudah mulai ngadat sob). Selain sebagai pengganti tombol navigasi fisik/kapasitif yang rusak, Simple Control juga bisa dimanfaatkan untuk meminimalkan penggunaan tombol-tombol tersebut (sebagai tindakan pencegahan agar tidak mudah rusak alias awet). Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×