26 Maret 2016

Download UC Browser untuk Windows [XP, 7, Vista, 8, 10]

Ditulis oleh pada 26.3.16
Peramban atau browser ini memang sangat populer di kalangan pengguna gadget mobile (terutama Android). Iya, UC Browser adalah browser asal Tiongkok yang telah diunduh jutaan kali oleh para pengguna perangkat bergerak dari berbagai penjuru dunia, mungkin Anda salah satu pengunduhnya :D

UC Browser muncul pertama kali pada tahun 2004 sebagai browser khusus untuk ponsel berbasis Java (saat itu hape Java masih tenar-tenarnya, di samping Symbian tentunya). Kini UC Browser bisa digunakan pada hampir semua jenis ponsel (Android, iOS, Windows Phone, Symbian, Java, dan Blackberry).

UC Browser untuk PC

Sebagai usaha untuk menjangkau lebih banyak pengguna, belum lama ini UC Browser melakukan ekspansi ke sistem operasi besutan Microsoft, apalagi kalau bukan Windows. Benar sob, sekarang Anda bisa menggunakan UC Browser di Windows, mulai dari Windows XP sampai Windows 10.

Pihak UC Web (pengembang UC Browser) menyatakan bahwa dari hasil survei, pengguna UC Browser versi mobile juga menggunakan PC untuk berselancar di dunia maya setiap harinya. Oleh karena itulah UC Browser versi Windows kini hadir untuk melengkapi pengalaman browsing antar platform pengguna setianya.

Seperti apa sih tampilan UC Browser untuk Windows? Apakah mirip dengan versi Android/versi mobile lainnya? Perhatikan gambar tangkapan layar berikut ini sob (klik untuk zoom).

Buka blog Memudahkan di UC Browser Windows

Sama sekali ga mirip kan? Kalau menurut saya, UC Browser for Windows memiliki sedikit (banyak) kemiripan dengan browser besutan Google, yaitu Chrome. Tidak mengherankan sebenarnya, lha wong mesin yang digunakan juga sama dengan Chrome, sama-sama berbasis Blink (Chromium). Berarti UC Browser bisa dipasangi ekstensi Google Chrome dong? Bisa banget.

Walau begitu, tetap ada bedanya sob, address bar dan search bar UC Browser dibuat terpisah seperti punya Firefox. Selain itu, tombol menu diubah posisinya ke sebelah kiri dengan tampilan logo tupai khas UC Browser.

Menariknya, UC Browser memberikan beberapa opsi menarik di sektor tampilan. Pada bagian New Tab, terdapat dua pilihan tampilan dasar speed dial yang bisa dipilih sesuai selera (kotak dan lingkaran).

speed dial UC Browser

Layaknya Google Chrome, UC Browser juga menawarkan beragam tema menarik. Bila di Chrome kita hanya disuguhi tema-tema dengan background gambar dan variasi warna saja, di UC Browser kita bisa dapat lebih sob, seperti wallpaper, variasi logo tupai, posisi dan bentuk tab, dsb, selengkapnya tengok screenshot kumpulan tema UC Browser berikut.

Berbagai macam tema UC Browser untuk Windows

Beralih ke performa, kendati keduanya menggunakan kernel Chromium yang berbeda (UC Browser: 38+, Chrome: 41+) bisa dibilang performa UC Browser sebelas dua belas dengan Google Chrome, tidak begitu terasa bedanya, setidaknya untuk versi yang saya coba.

Sebagai browser turunan dari Chromium, UC Browser untuk Windows telah dibekali dengan berbagai fitur mumpuni, seperti download manager yang lebih rapi (file hasil unduhan dikelompokkan berdasarkan jenisnya), fitur zoom gambar otomatis yang terinstegrasi, dan tentu saja fitur Cloud Sync (fitur sinkronisasi bookmark, riwayat. dll dari UC Web versi mobile ke versi PC dan sebaliknya).

Nah, untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan UC Browser di perangkat mobile, lengkapi pengalaman jelajah web Anda di PC dengan UC Browser untuk Windows, selamat mencoba :)

Download UC Browser untuk Windows versi terbaru

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×