18 November 2014

Cara Menghubungkan USB Flashdisk ke Android Tanpa Root [USB OTG]

Ditulis oleh pada 18.11.14
Berbagi file antar smartphone Android tentu sudah sering Anda lakukan, baik via Bluetooth, WiFi, maupun cloud. Masalah kemudian muncul ketika file yang hendak Anda bagi ternyata tersimpan dalam flashdisk, padahal tak ada PC atau laptop yang bisa digunakan pada saat itu.

Sebagai solusi, Anda bisa menghubungkan flashdisk dengan perangkat Android Anda menggunakan kabel USB OTG (On The Go). Iya, secara umum perangkat Android bisa membuka dan membaca berbagai file yang tersimpan di flashdisk Anda. Tak hanya membaca, Anda juga bisa melakukan transfer file dari flashdisk ke sdcard dan sebaliknya.

Membuka USB Flashdisk di Android

Apa harus root? Tidak, root hanya diperlukan bila Anda menggunakan perangkat Android keluaran lama (sebelum tahun 2012). Sepanjang perangkat Android Anda memiliki fitur USB OTG, Anda bisa menghubungkan flashdisk dan membukanya tanpa harus root terlebih dahulu.

Perlu diingat bahwa tidak semua perangkat Android memiliki fitur USB OTG (tergantung hardware dan kernel). Lalu bagaimana cara mengetahui ketersediaan fitur USB OTG pada suatu perangkat Android? Cara yang paling mudah adalah melihat spesifikasinya, lihat apakah USB OTG tercantum pada spesifikasi Android tersebut. Cara lainnya adalah mengunjungi forum-forum (seperti XDA atau Kaskus) yang khusus membahas perangkat Android Anda, di sana Anda bisa membaca atau bertanya mengenai ketersediaan fitur USB OTG.

Kabel USB OTG Android

Alternatifnya, Anda bisa membeli adaptor atau kabel USB OTG untuk dites langsung dengan perangkat Android yang Anda miliki (Adaptor atau kabel USB OTG bisa dibeli di toko elektronik atau komputer dengan harga sekitar 10 sampai ratusan ribu, tergantung fitur serta merknya).

Baca juga:


Ok, sampai di sini saya asumsikan bahwa perangkat Android Anda mendukung fitur USB OTG dan Anda sudah memiliki kabel atau adaptor USB OTG. Untuk membuka flashdisk di perangkat Android tentunya Anda harus menyiapkan flashdisk yang telah terisi beberapa file di dalamnya. Mengenai kapasitas dan format, gunakan setidaknya flashdisk berkapasitas 2GB (atau yang lebih besar) dengan format FAT32. Bagaimana dengan NTFS? Tidak semua Android bisa membaca flashdisk dengan format NTFS sob, jadi biar aman dan nyaman, pakai FAT32 saja.

Sebelumnya, silakan install ES File Explorer atau FX File Explorer yang beguna untuk menjelajah isi flashdisk Anda nantinya. Bila Anda menggunakan perangkat Android Samsung, cukup gunakan aplikasi file manager bawaan.

Cara membuka flashdisk dengan Android sebenarnya sangat mudah, tanpa tutorialpun saya yakin Anda bisa melakukannya. Tinggal tancapkan kabel USB OTG dengan perangkat Android Anda dan hubungkan flashdisk pada kabel tersebut (seperti yang tampak pada gambar paling atas), kemudian tunggu beberapa saat sampai flashdisk Anda terdeteksi dan dimuat (mount). Untuk contoh penggunaan adaptor OTG, silakan simak video berikut, kemudian ikuti tutorial pada paragraf di bawahnya.



Untuk ES File Explorer, direktori flashdisk akan muncul pada bagian Local (flashdisk yang saya gunakan terdeteksi sebagai UsbDriveA, namanya mungkin berbeda untuk flashdisk atau Android lain).

ES File Explorer USB OTG


Di FX File Explorer, direktori flashdisk akan tersedia di bagian Files, di antara deretan direktori lainnya (lihat screenshot di bawah ini).

FX File Explorer USB OTG


Untuk Android dari Samsung (seperti yang saya gunakan di video), begitu flashdisk tertancap pada adaptor atau kabel USB OTG, secara otomatis aplikasi file manager akan memunculkan direktori flashdisk Anda.

FIle Manager Samsung

Sip, sekarang Anda bisa menyalin atau memindah file dari flashdisk ke sdcard (bisa juga memori internal) dan sebaliknya. Anda juga bisa langsung membuka file-file di flashdisk Anda tanpa harus menyalin atau memindahkannya terlebih dahulu ke sdcard (misalnya saat sdcard Anda penuh, Anda tetap bisa menonton film atau mengedit dokumen Anda langsung dari flashdisk).

Sudah selesai urusan dengan flashdisknya? Sekarang saatnya memutuskan koneksi flashdisk dari perangkat Android. Hampir sama dengan di PC, sebelum flashdisk dicabut, ada baiknya untuk di-unmount terlebih dahulu. Untuk Android Samsung, cukup tap USB mass storage connected yang terletak di notifikasi, setelah itu Anda bisa mencabut flashdisk Anda dengan aman. Untuk Android merk lain, caranya bisa dikatakan serupa, atau tuju Setting > Storage untuk melakukan unmount secara manual.

USB mass storage connected

Lalu bagaimana dengan Android yang sudah memiliki akses root? Sebenarnya sama saja, bisa menggunakan cara di atas, namun jika tidak berhasil, silakan install aplikasi StickMount. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×