21 Februari 2014

Menyembunyikan Last Seen, Foto Profil, dan Status WhatsApp

Ditulis oleh pada 21.2.14
Ini masalah privasi. Bila Anda pengguna WhatsApp untuk Android yang peduli dengan privasi, Anda mungkin tertarik untuk membaca lanjutan artikel ini.

Sudah tahu bahwa saat ini WhatsApp telah menjadi milik Facebook? Iya, Facebook telah mengakuisisi WhatsApp senilai total 19 miliar dolar AS (dana awal 16 miliar: 12 miliar berupa saham, 4 miliar berupa uang tunai, dan sisa 3 miliar akan diberikan berupa saham terbatas selama 4 tahun setelah akuisisi tersebut selesai).

WhatsApp dibeli Facebook

Meski demikian, kabarnya WhatsApp akan tetap dikembangkan secara independen (iya, Facebook tidak/belum berencana menampilkan iklan di WhatsApp, atau turut campur dalam pengembangan WhatsApp). Oleh karena itu, Anda tak perlu mencari aplikasi alternatif WhatsApp, setidaknya untuk saat ini :)

Belum lama ini, versi terbaru dari WhatsApp untuk Android telah dirilis (v2.11.169). Update terbaru WhatsApp tersebut kini sudah tersedia di Google Play Store, atau bisa juga diunduh melalui web resmi WhatsApp (berupa APK).

Pada update kali ini, Anda bisa menyembunyikan last seen (atau waktu terakhir kali Anda mengakses WhatsApp), foto profil, dan status Anda di WhatsApp berkat adanya opsi privasi baru WhatsApp.

Caranya cukup mudah, silakan unduh dan install WhatsApp versi terbaru melalui link di akhir artikel ini atau di Google Play Store (bila sudah tersedia). Selanjutnya tuju bagian Setting > Account > Privacy.

Who can see my personal info WhatsAppMenyembunyikan Last Seen

Di bagian Who can see my personal info, Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat last seen, foto profil, dan status WhatsApp Anda. Pilih Everyone untuk menampilkan info personal Anda kepada semua orang yang memiliki nomor Anda. Pilih My contacts untuk menampilkan info personal Anda hanya pada teman-teman WhatsApp Anda. Pilih Nobody untuk menyembunyikan info tersebut dari siapapun kecuali Anda sendiri.

Sebagai catatan, bila Anda memilih 'Nobody', selain info personal Anda yang tersembunyi, Anda juga tidak bisa melihat info personal teman-teman WhatsApp Anda (cukup adil saya rasa).

Nah, dengan hadirnya opsi privasi tersebut, Anda bisa mencegah orang-orang yang secara diam-diam memata-matai Anda, atau sekedar melindungi privasi Anda bila diperlukan :)

Download WhatsApp Messenger untuk Android APK | Play Store

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×