12 Januari 2013

Minimalkan Penggunaan Tombol Fisik di Android dengan Easy Touch

Walaupun didominasi oleh kendali sentuh, kehadiran tombol fisik perangkat Android merupakan hal wajib (setidaknya sampai artikel ini ditulis). Sebagai contoh, untuk menghidupkan layar di ponsel Android, kita harus menekan tombol power atau home. Untuk kembali dari suatu aplikasi ke homescreen, kita juga biasa menekan tombol home. Lama-kelamaan tombol-tombol fisik tersebut akan mengalami degradasi, semakin susah ditekan, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

xperia mini pro sk17i tombol fisik

Agar tombol fisik di perangkat Android kita lebih awet, kita bisa meminimalkan penggunaannya. Bagaimana caranya? Sederhana saja, misalnya agar tombol power lebih awet, kita bisa menghidupkan layar dengan menggunakan tombol home (bila ada). Lalu bagaimana agar tombol home lebih awet? gunakan saja aplikasi Easy Touch.

Tidak hanya tombol home, dengan aplikasi Easy Touch kita juga bisa meminimalkan penggunaan tombol power, tombol back, dan tombol menu agar lebih awet.


Easy Touch adalah aplikasi yang memiliki fungsi (hampir) sama dengan AssistiveTouch pada iPhone. Cara kerjanya adalah dengan menampilkan tombol virtual yang selalu tampil di atas aplikasi lainnya. Tombol tersebut memiliki beberapa fungsi yang dapat menggantikan fungsi tombol fisik, seperti fungsi mengunci layar, fungsi kembali ke homescreen, fungsi tombol back (root), dan fungsi tombol menu (root).

Easy TouchAssistiveTouch

Selain fungsi-fungsi tersebut, Easy Touch juga memiliki beberapa fitur yang menarik, seperti Quick Setting (menghidupmatikan WiFi, bluetooth, lampu flash, dsb), pintasan aplikasi favorit, daftar aplikasi, recent app (tap dua kali), dan One click clean memory (RAM). Jika Anda merasa tombol virtual Easy Touch mengganggu pandangan, Anda dapat menggesernya ke posisi lain pada layar, atau tekan lama untuk menyembunyikannya di status bar. Untuk memunculkan lagi, tap Easy Touch yang berada di area notifikasi status bar.

Easy Touch juga dapat Anda manfaatkan bila tombol home, tombol back, atau tombol menu di perangkat Android Anda mengalami kerusakan. Untuk mengunduh Easy Touch, kunjungi link Google Play Store berikut ini.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×